Sabtu, 15 Juni 2013

Pengaruh Situs Jejaring Sosial Terhadap Pelajar

PENGARUH SITUS JEJARING TERHADAP PELAJAR
Disusun Untuk Memenuhi Mata Kuliah Bahasa Indonesia




Disusun oleh :
Nama : Machfud Ilahi
Nim : 11251104745
Dosen Pembimbing : Asnah Faizah 

 JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
2013



KATAPENGANTAR  

            Puji dan syukur saya ucapkan kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, yang telah banyak memberikan kasih sayang sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Adapun tujuan dari membuat makalah ini yaitu untuk memupuk kesadaran kita.
Saya juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Dosen pembimbing atas arahan dan bimbibingannya, dan orang tua yang selalu memberikan dukungan serta teman-temanku semuanya.
Penulis juga mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah ikut membantu yang mana penulis tidak dapat menyebutkan satu persatu. Oleh karna itu penulis mohon ma’af sebesar-besarnya jika didalam makalah yang sederhana ini terdapat banyak kekurangan dan kesalahan.Penulis juga menerima kritik serta saran yang membangun dengan hati yang besar.
Tak ada Gading yang retak, apabila ada kata-kata yang tidak baik dan ada kekurangan dalam penulisan makalah ini,penulis mohon maaf. Saran dan kritikan dari Dosen dan teman-teman sangat saya butuhkan dalam penulisan ini




                                                                                                    Pekanbaru, 19 Okt 2012                     
                                                                                                                    Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
            Dunia maya adalah dunia yang tak mengenal batas, dunia yang bisa menjebak seseorang menjadi orang tak sadar. Mungkin ini adalah salah satu akibat dari majunya zaman yang semakin tak bisa dihindari. Salah satu yang bisa kita nikmati dalam dunia online adalah situs jejaring sosial, yaitu tempat berkumpul dan berinteraksinya antara satu individu dengan individu yang lain dalam sebuah komunitas.
Komunitas itu memberikan banyak tawaran pada anggotanya untuk menjalin berbagai hubungan antara yang satu dengan yang lain, antara A dengan B. Semakin banyak situs jejaring sosial yang yang ada di bumi ini, semua menawarkan sesuatu yang menarik. Mungkin ada kesamaan tapi juga ada perbedaan antara situs jejaring sosial yang satu dengan yang lain, misalnya Plurk dengan twitter, atau Facebook dengan Friendster.
Selain itu situs jejaring sosial telah merambah ke dunia pelajar di Indonesia yaitu melalui pelajar, seperti yang peneliti lihat di Negara Indonesia, hal ini diakibatkan oleh perkembangan teknologi sehingga menimbulkan rasa ingin tahu pelajar menjadi besar. Dalam dunia maya ada berbagai situs jejaring yang dapat dijumpai sehingga pelajar  juga harus bisa membedakan antara situs jejaring yang positif dan negative. Bahkan banyak pelajar yang memanfaatkan situs jejaring sebagai media semua informasi dan untuk mencari teman didunia maya.
Sehubungan dengan masalah tersebut diatas, penulis terdorong untuk membahas makalah dengan judul : PENGARUH SITUS JEJARING TERHADAP PELAJAR.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat ditarik suatu rumusan masalah sebagai berikut :
  • Mengapa pelajar SMA umumnya tertarik pada situs jejaring?
  • Berapa banyak pelajar SMA yang memiliki situs jejaring?
  • Apa pengaruh bagi pelajar SMA situs-situs di internet ?

Bagaimana dampak positif dan negatif dari Internet di mata pelajar atau Remaja?
Dampak positif
  • Pelajar dapat menjari tugas di internet.
  • Pelajar dapat berkomunikasi dengan teman-temannya.

Dampak negatif
  • Pelajar bisa kecanduan dalam berinternet.
  • Dapat menimbulkan ketidak keseriusan dalam belajar di sekolah.
  • Dapat mengakibatkan pergaulan bebas yang mengenal dari internet


1.3 Tujuan Penulisan atau Penelitian

Tujuan penelitian ini antara lain :
  • Untuk mengetahui apakah semua siswa SMA bisa memakai internet.
  • Untuk mengetahui apakah siswa menggunakan internet secara baik.
  • Untuk mengetahui berapa banyak pelajar SMA yang memiliki situs jejaring.

1.4 Metode Penulisan atau Penelitian
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah:               
  1. Ovservasi
  2. Wawancara
  3. Internet

BAB II
PEMBAHASAN

Sejarah Situs Jejaring

Pada awalnya sebuah organisasi ekonomi dunia di Davos telah menciptakan versi beta, yaitu situs jejaring sosial yang pertama kali dibuat oleh Mark Zuckerberg, Vladimir Putin dan Koan Finna pada tahun 1998 untuk tempat bertukar pikiran antara orang-orang hebat didunia dan memperkenalkan barang jualan antar perusahaan.
Akhir-akhir ini marak bermunculan berbagai situs jejaring, salah satunya yang saat ini populer adalah Facebook. Menurut versi www.toptenreviews.com, Facebook menduduki peringkat pertama dalam rating untuk semua aspek. Yaitu demografi, profil, keamanan, fitur jejaring, pencarian dan dukungan teknik.posisi kedua ditempati MySpace, lalu peringkat ketiga oleh Bebo, keempat oleh friendster dan kelima Hi5.
Situs Jejaring
Dari penelitian yang dilakukan oleh Firma Demos menilai bahwa pekerja yang menggunakan situs jejaring sosial sangat membantu bagi mereka untuk menjalin relasi dan mencari konsumen untuk membantu produk yang ditawarkan oleh perusahaan dimana dia bekerja.
Peter Bradwell peneliti asal Demos mengatakan bahwa perusahaan harus mengizinkan pegawainya untuk menggunakan situs jejaring sosial. Karena selain untuk bermain, situs ini bisa menolong pegawai untuk mengenalkan inovasi produknya, sehingga mampu mendongkrak penjualan.
“Melarang Facebook atau YouTube maka mustahil bagi perusahaan meningkatkan penjualan, dan konsumen yang banyak. Karena pada kenyataannya Facebook sangat-sangat membantu,” (Peter Bradwell:14).


       Friendster adalah situs jejaring terbesar di dunia dengan market pasar terbesar adalah negara-negara di Asia. Banyak sekali kelebihan dari friendster yang membuatnya unik dan terus dijadikan orang untuk berhubungan satu sama lain. Kelebihan friendster terletak pada kemudahan pengoperasian. Halaman data diripun sangat variatif, karena semua tergantung dari kita sang pemilik yang mengutak-atik halaman tersebut semenarik mungkin. Nah kekurangan dari friendster adalah blognya memiliki fitur yang terbatas dan seadanya. Jadi bagi para blogger, pasti merasa blog friendster kurang representatif untuk menyalurkan hobi dan bakat. Kekurangan kedua adalah kita tidak mengetahui dengan pasti siapa saja rekan-rekan kita yang sedang on line, meski pada halaman home ada daftar orang-orang yang up date, namun data itu tidak bisa kita jadikan patokan untuk berinteraksi dengan rekan kita yang sedang on line.
       Begitupun untuk mengajak orang untuk menjadi teman kita, ada beberapa tahap yang membuat kita malas mencari teman jika kita ingin mengajak orang lain untuk berteman. Meski begitu fitur group pada Friendster cukup lengkap karena kita bisa berinteraksi layaknya forum dan semua orang bisa turut bergabung dengan group kita meski untuk melakukan itu semua kita harus menginvite satu persatu orang yang memiliki friendster.


2.2 Metode Penelitian

Metode penelitian ini adalah penelitian “Deskriptif”. Pada umumnya penelitian deskriptif merupakan penelitian non hipotesis, sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis. Dalam penelitian deskriptif, peneliti ingin mengetahui tentang :
  1. Minat pelajar SMA untuk ingin tahu tentang situs jejaring
  2. Banyaknya pelajar SMA yang memiliki situs jejaring
  3. Kapan dan dimana pelajar SMA mengakses situs jejaringnya


BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan beberapa hal penting sebagai berikut :
Penelitian di kalangan Pelajar :
Pelajar SMA memiliki situs jejaring dikarenakan :
  1. Diajak teman-temannya mendaftar situs jejaring.
  2. Melihat iklan dari Koran, majalah maupun internet.
  3. Ingin memiliki banyak teman.


Agar dapat menarik siswa untuk membuat situs jejaring antara lain :
  1. Memamerkan keunggulan dari situs jejaring kepada teman yang belum punya.
  2. Memperkenalkan manfaat dari situs jejaring kepada pelajar SMA.
  3. Peran serta guru teknologi informasi dan komunikasi terhadap situs jejaring bagi pelajar SMA.


3.2 Saran

Saran untuk peneliti
        Mengingat pelaksanaan penelitian ini baru berjalan sepekan sehingga hasil yang diperoleh belum maksimal, oleh karena itu peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan untuk mendapat temuan yang lebih baik dan lengkap.
Supaya jangan lama-lama berinternet karna berinternet itu menghabiskan uang dan membuat kita tidak mau belajar lagi.
Instrumen observasi dan wawancara yang digunakan dalam penelitian ini masih merupakan instrument yang tingkat validitasnya belum memuaskan. Maka peneliti berikutnya dapat mencoba dengan instrument yang lebih baik (standar).


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. et.al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Skripsi. Bandung: Alfabeta.
http://openx.detik.com/delivery/ck.php?n=ad79472d&cb, Minggu, 24, Mei, 2009.
www.weforum.org/en/index.htm, Selasa, 03, Februari, 2009.

0 comments:

Posting Komentar

Labels

Harga Laptop Terbaru Ponsel Notebook Tips dan Trik Tablet Aksesoris Komputer tips and trik informasi LENOVO Download Lirik Lagu NETBOOK Harga Samsung blogger Daftar Harga Tutorial HP trik facebook download software ASUS GADGET APPLE SAMSUNG TABLET PC TOSHIBA ACER Berita Hari Ini Kamera SONY Harga Tablet samsung Review Tutorial Blog AXIOO Printer Acer Android Apple Harga Acer Harga Lenovo Motherboard berita terkini library science AKSESORIS LAPTOP E-book FUJITSU Harga Blackberry Harga Nokia Harga VGA Processor SOFTWARE Samsung Galaxy Software Teknik Komputer dan Jaringan Tips Komputer buku panduan seo software ANDROID Belajar Web design DELL Gadget Harga Harddisk Harga Laptop Acer Harga Laptop Lenovo SEO situs internet ALIENWARE Dell Facebook Harga Kamera Harga Laptop Asus Harga Nokia Lumia Hp Java Nama Bayi teknologi Advan Harga HP Mito Harga Hp Cross Harga Kamera DSLR Canon Harga Laptop Harga Laptop Fujitsu Harga Laptop Toshiba Harga Processor Intel Teknologi ZYREX trik komputer Blog Tool Harga LCD Monitor Harga Laptop Dell Harga Laptop Samsung Harga Laptop Sony Vaio Harga Mobil Harga Sembako Harga Smartfren Harga Speaker Aktif Harga Tablet Asus Harga Tablet Mito Huawei IPHONE Internet LG Laptop Nokia SMART PHONE Samsung Speaker info pengalaman ADAPTER Archos BATERRY LAPTOP BLACKBERRY Blogging Canon Google Harga HP Harga Laptop Apple Harga Power Supply Harga Printer Epson Harga Printer HP Harga Processor AMD Harga Sony Xperia Harga Tablet Acer Harga Tablet Advan Lowongan Kerja Materi Komputer News Technology Samsung Ativ Smartfren Tablet Murah motivasi widget blog $ Dollar Gratiss ACER ASPIRE Bisnis Online BlackBerry Blackberry Chatting Cross Education Game HARDWARE Hard Disk Harga HP Baru Harga Hp Android Harga Kamera DSLR Nikon Harga Kamera DSLR Sony Harga Kamera SLR Nikon Harga Laptop Advan Harga Laptop Baru Harga Mobil Baru Harga Mobil Bekas Harga Motherboard AMD AM2 Harga Motherboard AMD AM3 Harga Motherboard Intel 1156 Harga Motherboard Intel 1366 Harga Motherboard Intel LGA Harga Nokia Asha Harga Power Bank Harga Printer Canon Harga iPhone Hisense KATA-KATA Kata-kata lucu Kontes SEO Lenovo MEMORY LAPTOP MSI Mito Nikon Otomotif Pengetahuan Sony Toshiba ULTRABOOK Unik Zodiak linux musik terbaru tips dan trick ATI Acer Iconia W4 Al Quran Mp3 Artikel Asus Baterai Black2 Bola Mania CD Burner Carrefour Display ECS EUROCOM Enermax Fakta Film Fujitsu Game PC Gigabyte Harga ATK Harga Archos 97b Platinum Harga Asus Memo Pad Smart Harga CCTV Harga Emas Harga HP Bekas Harga HP Terbaru Harga Hp LG Harga IMO Harga Laptop HP Harga Lenovo A706 Harga Micromax Harga Oppo Harga PlayStation 4 Harga Ponsel Zopo Harga Printer Brother Harga Printer Murah Harga Produk Pakai Harga Promo Harga Samsung Galaxy S4 Nexus Harga Stabilizer Harga TV LED Harga Tabklet Archos Arnova Harga Tablet Cyrus Harga Tablet Esia AirTab Harga Tablet Maxtron Harga Tablet Microsoft Surface Harga Tablet Smartfren Harga Tablet lenovo Harga UPS Harga Ultrabook Islam Islami Jadwal Imsakiyah Ramadhan Kingston Flash Drive USB 64 GB LumiTab MODECOM Musik Online Origin PC Ou Sheng Pantech Pemrograman PlayStation Port USB Prestigio Puisi Ramos i10 Pro Razer Sebuah Pemikiran Sharp Sharp RW-16G1 Sonny Ericsson Sony Xperia Z Ultra Speaker Aktif Tablet Firefox OS Tablet Imo Tablet Zinox Thosiba Tips Trik Tips n Trik Gratis Tutorial Wordpress Ultrabook VELOCE VGA Asus VGA Digital Alliance VGA Inno 3D VGA PixelView Voyo WeWi XiaoMi ZBOX 01520 game kuliah link exchange music pendidikan pkl seo blogger tips-triks trick blogger